UlAt BuLu mENyErAnG!!!

Petugas Dinas Pertanian Kab Probolinggo menyemprot ulat di pohon. (Foto: Koran SI) 
Petugas Dinas Pertanian Kab Probolinggo menyemprot ulat di pohon.


SEMARANG- Kota Semarang sudah dikepung dengan daerah-daerah yang terkena serangan ulat bulu, seperti Kendal, Demak, dan Ungaran.

Karena itu, Dinas Pertanian (Dispertan) Kota Semarang melakukan upaya antisipasi ancaman serangan ulat bulu. Beberapa langkah antisipasi dilakukan agar ulat tidak masuk ke Semarang.

Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kota Semarang Ayu Entys menjelaskan, langkah antisipasi diperlukan karena penyebaran ulat dapat terjadi setiap saat. Terlebih perkembangbiakan kupu-kupu menjadi ulat dapat maksimal karena sangat didukung cuaca hujan dan udara lembab.

“Gerak cepat bagi masyarakat sekitar, khususnya bagi perbatasan yang terkena, yaitu perbatasan Kendal, Ungaran, Demak, Gunung Pati, di mana banyak kebun buah,” jelas Ayu.

Ayu menambahkan, meski hingga saat ini belum ada laporan warga mengenai serangan ulat bulu, Dispertan terus melakukan sosialisasi dan antisipasi.

Upaya antisipasi tersebut di antaranya dengan mengirimkan surat edaran kepada camat, lurah, diteruskan kepada RW dan RT untuk melakukan kerja bakti dan melakukan penyemprotan disinfektan.

“Warga bisa melakukan upaya pencegahan dengan membersihkan daun-daun kering yang ada di tanaman buah. Karena daun tersebut merupakan tempat untuk berkembang biak ulat bulu,” tambahnya.

Lebih jauh Ayu menyarankan kepada warga yang mempunyai kebun buah agar memasang jala untuk menjaring kupu-kupu bila memang jumlah kupu di lingkungan itu sangat banyak.
Bila tidak, jala tak perlu dipasang. “Jika memang dalam satu wilayah yang banyak terdapat kebun buah dan banyak terdapat populasi kupu-kupu, warga bisa memasang jala. Pemasangan jala tersebut bisa dibantu petugas dari Dinas Pertanian Kota Semarang,” sebutnya.

2 comments:

faisal apardi said...

aduhh..aduhh..kawan-kawan lari..kata ulat bulu..

fatth said...

lari-lari.. mak!!!!!! tlong!!!!!!!! =(
kihkih...

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 FiKirKan!!! All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes